random

Awal yang baru

Hai, nama saya Dita. Ini rumah baru saya.

Setelah hiatus hampir setahun, saya berniat kembali menuliskan hal-hal penting dan gak penting yang sering memenuhi pikiran saya.

Kemana rumah lama saya? Hilang karena kebiasaan telat perpanjang hosting dan domain. Sebagian isinya sempat ter-backup, tapi utuh atau tidaknya masih belum diketahui, sebisa mungkin nanti pelan-pelan di recover (atau justru akan saya biarkan saja sehingga rumah ini bener-bener dimulai dari awal lagi).

Oh iya, buat yang belum kenal, saya seorang dokter gigi, kebetulan buka klinik gigi bersama 2 rekan sekaligus sahabat saya (jadi yang kebetulan baca blog ini punya keluhan seputar pergigian boleh bertanya, insyaallah akan saya jawab).

Kebetulan saya juga punya kedai minuman kekinian (Cheese Tea) bernama Kanpai [saat postingan ini di buat lokasinya di Summer Beauty House Jl. Bumi (belakang Mayestik)]. Kalau sedang berada di sekitar situ, boleh mampir-mampir. Buat yang jauh juga bisa order lewat Go-Food kok.

Saya sangat tertarik sama hal-hal berbau bisnis, pengaturan keuangan, skin care natural dan organik, jadi berhubung ini rumah baru, sepertinya isi rumah ini akan berkisar di seputaran itu.

Semoga setelah ini jadi rajin mengisi rumah baru ini, dan tidak dibiarkan berdebu seperti rumah sebelumnya.

Pertanyaan, baiknya arsip rumah lama dipindahkan ke sini atau tidak?

pengetahuan

Apa sih Plak ituh?? -biasa disebut jigong-

streptococcus_mutans-150x150 Streptococcus mutans, bakteri utama dalam plak

Plak atau yang biasa kita sebut jigong adalah lapisan tipis film yang terdiri dari bakteri dan mukus yang berkembang di dalam mulut. Plak tersebut menempel di gigi sebagai lapisan. Beberapa dari bakteri yang ada di dalam plak menghasilkan asam yang dapat menimbulkan lubang pada gigi. Macam bakteri yang lain, ada yang menghasilkan toksin yang dapat menyebabkan gusi meradang.

Cara paling gampang untuk membersihkan plak adalah menyikat gigi dan membersihkannya dengan benang gigi. Bila plak tersebut sudah mengeras dan melekat erat pada gigi, disebut tartar atau kalkulus. Kalau tartar biasanya berwarna coklat kehitaman dan tipis. Tartar biasanya disebabkan karena rokok, teh dan kopi. Sedangkan kalkulus (karang gigi) berwarna putih kehitaman dan tebal.

Baik tartar maupun kalkulus tidak dapat dibersihkan sendiri dirumah. Menghilangkannya dengan datang ke dokter gigi dan melakukan ‘scalling’.  Oleh karena itu rajin-rajinlah menggosok gigi sebelum, plak terlanjur erubah menjadi tatar ataupun kalkulus.

Hayo, pada rajin menyikat gigi 2 kali sehari, dan cek ke dokter gigi 6 bulan sekali gak?

pemeliharaan

Semua gigi itu PENTING!

sikatgigiKadang banyak orang tua yang malas menggosok gigi anak mereka dan tidak terlalu peduli bila gigi sang anak tersebut bolong-bolong atau rusak, karena mereka pikir, “toh gigi itu akan tanggal juga nantinya”.

Gigi sulung atau gigi susu adalah sangat penting gunanya untuk membantu anak dapat belajar berbicara dengan normal dan jernih, dan untuk dapat mengunyah makanan secara benar.  selain itu anak yang giginya bolong, akan males makan, ndak mau senyum lagi karena malu, dan juga mengganggu perkembangannya dalam menyerap ilmu ketika belajar. Karies/gigi berlubang itu adalah infeksi yang tidak dapat sembuh sendiri tanpa perawatan. Bila gigi yang berlubang tersebut tidak dirawat, dan gigi sudah berlubang sangat parah anak akan menderita infeksi tingkat tinggi yang nantinya bisa menyebabkan diperlukannya tindakan emergensi, dan juga dapat menyebabkan calon gigi permanen nya terkena kerusakan. Selain itu lubang pada gigi anak dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit pada si anak dan dia tidak dapat mengeluh secara tepat kepada orang tuanya, sehingga anak mudah cranky.

Gigi susu tersebut juga berperan penting untuk menjaga ruangan tempat tumbuh gigi permanen kelak agar tumbuhnya bagus dan rapi. Bila gigi susu tanggal terlalu cepat, gigi permanennya akan tumbuh secara tidak beraturan. Lalu kalau lubang pada gigi susu si anak tidak ditanganin dengan baik, dapat berpengaruh ke pertumbuhan gigi tetap nya kelak, seperti mudahnya gigi tetap terkena karies (gigi berlubang) atau bahkan gigi tetap yang tumbuh dengan tidak sempurna atau rapuh.

Jadi, sesibuk apapun anda, jangan lupa untuk menyikat gigi si kecil terutama sebelum tidur. Bila gigi nya belum tumbuh, gusi si kecil pun dapat di bersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat.

Salam sehat, semoga gigi anak-anak kita nantinya bisa lebih baik dari gigi kita hari ini ya.

pengetahuan

Gigi Bungsu aliyas Wisdom Teeth…

Hey, lagi pengen posting sesuatu tentang gigi nih, kali ini topiknya apa yah?

Ah, gigi bungsu aja deh, itu loh gigi geraham kita yang paling belakang. Yang tumbuh paling akhir, suka bikin kepala pusing saat dia mau tumbuh.

Okeh, back to topic…

Wisdom Teeth atau gigi bungsu tumbuh ketika semua gigi sudah ada dalam mulut. Gigi bungsu biasanya mulai tumbuh ketika seseorang sudah dewasa, sekitar 17 tahun.

Mengapa gigi bungsu harus diambil? Pertanyaan ini lah yang masih suka dipertanyakan oleh sebagian orang ketika dokter giginya mengatakan bahwa si gigi bungsu miliknya harus di cabut.Dikarenakan rahang kita lebih kecil dibandingkan dengan rahang nenek moyang kita dulu, jadinya sekarang gigi bungsu tidak punya cukup tempat untuk tumbuh dengan baik dalam mulut sehingga gigi bungsu akan terbenam dan bisamenyebabkan gigi kita berjejal (tidak rapih).

Selain itu gigi bungsu juga dapat menyebabkan penyakit gusi atau kerusakan pada gigi lainnya disebabkan oleh timbulnya kesulitan pada saat membersihkan gigi. Karena letaknya yang jauh di belakang, seringkali sikat gigi tidak dapat menjangkau daerah tersebut.

Gigi bungsu yang tidak tumbuh secara sempurna dapat juga menyebabkan kista yang bisa merusak tulang rahang sekitar gigi bungsu tersebut, termasuk tulang gigi geraham di depannya.

Akhir-akhir ini makin jarang gigi bungsu dapat tumbuh normal dengan baik, dan sehat. Dikarenakan proses evolusi yang secara sadar maupun tidak sadar sedang terjadi terhadap kita semua. Bila gigi bungsu tersebut diambil, maka mulut akan menjadi lebih sehat dan gigi yang lain akan tetap pada posisi yang baik.

Nah sekarang, bagaimana cara membuang gigi bungsu tersebut?

Pertama diperiksa riwayat kesehatan dan keadaan gigi Anda, kemudian dilakukan pemeriksaan gigi dan foto panoramik.

Lalu bila semua telah dilakukan dan ternyata gigi tersebut harus di buang, tindakan pencabutan akan dilakukan melalui operasi kecil oleh dokter bedah mulut.

Jadi, masih pada punya gigi bungsu atau sudah pada di cabut?