pengetahuan, Pregnancy Life

Menjaga Kesehatan Gigi yang Aman saat Hamil

Sebagai bumil dan seorang dokter gigi, saya sering ditanya “Gimana ya cara menjaga kesehatan gigi dan mulut yang aman saat hamil?”, “Kapan ya bumil boleh periksa gigi?” dan masih banyak pertanyaan lain seputar pergigian. Nah mumpung banget Parentstory ngajak ngisi kulwap di grup Pregnancy seputar masalah ini, sekalian aja deh di tuangkan di blog ini materi yang saya share di kulwap tersebut yaa. Siapa tau bermanfaat buat bumil-bumil galau diluar sana.

Jadi nih ya, kerusakan gigi dan mulut saat hamil bisa mempengaruhi kesehatan janin lho Mom!

Kesehatan gigi dan mulut menjadi bagian yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Selama kehamilan terjadi perubahan pada rongga mulut terkait dengan perubahan hormonal, perubahan pola makan, perubahan perilaku dan berbagai keluhan seperti ngidam, mual dan muntah. Perubahan tersebut bisa berpengaruh pada kualitas hidup ibu hamil.

Menurut Elverne M Toon, anggota California Society of Pediatric Dentistry, perubahan hormonal dapat meningkatkan resiko pengeroposan pada gigi dan gusi. Contohnya saja muntah berlebihan dan kelebihan air liur di trimester pertama. Bila tidak rajin berkumur dan menyikat gigi maka kuman dan bakteri akan mudah tumbuh sehingga menimbulkan bau mulut dan sariawan di rongga mulut.

Pada 10 tahun terakhir belakangan ini, telah banyak penelitian dan bukti ilmiah yang menunjukan bahwa penyakit gusi juga dapat menjadi faktor resiko terhadap ibu hamil, diantaranya kelahiran bayi prematur dan bayi berat lahir rendah (BBLR). Disamping itu, dalam penelitian yang ditulis di Journal of Periodontology, bulan februari 2006 menyatakan bahwa perawatan gigi dan mulut sejak dini dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi dalam kehamilan (Pre-eclampsia) sekitar 5-8%.

Pada saat hamil, kadar asam di dalam mulut meningkat biasanya dikarenakan keluhan rasa mual dan muntah. Yang mengakibatkan ibu hamil malas menyikat gigi seperti biasa (2 kali sehari) karena dapat memicu rasa mual. Selain itu, pada ibu hamil juga ditemukan kerusakan gigi oleh karena penurunan derajat keasaman (pH) di dalam mulut selama kehamilan.

Ditambah lagi, ibu hamil gampang mengalami peradangan gusi yang diperparah oleh hormon progesteron dan estrogen sehingga, terjadi pelepasan histamin dan enzim proteolitik yang merespon terjadinya peradangan gusi. Istilah peradangan gusi pada ibu hamil disebut “Ginggivitis Gravidarum”. Tingkat keparahan biasanya terjadi pada awal bulan ke 2 atau 3 dan mencapai puncaknya pada trimester ke 2 dan 3, dan mengalami penurunan pada kehamilan bulan ke 9.

Berdasarkan Medical Resources United Kingdom, dianjurkan pada ibu hamil :

  1. Menyikat gigi dengan benar sebanyak 2 kali sehari minimal 2 menit dalam sekali penyikatan gigi
  2. Menggunakan obat kumur (mouthwash) yang tidak mengandung alkohol
  3. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
  4. Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi
  5. Makan-makanan bergizi, cukupi asupan karbohidrat, protein, lemak, kalsium, vitamin A dan C, magnesium, besi dan asam folat
  6. Kurangi makanan ringan bergula dan minuman bersoda

Sedangkan kapan sih waktu yang tepat buat Bumil cek kesehatan gigi ke dokter gigi? Jawabannya adalah sebelum hamil dan ketika Trimester ke-2. Kenapa? Trimester ke-2 adalah waktu yang paling tepat karena biasanya di bulan tersebut, bumil sudah lebih segar dibanding TM 1, terutama yang mengalami mual muntah hebat, selain itu janin juga biasanya sudah lebih kuat perlekatannya sehingga relatif lebih aman.

Kalau sudah masuk TM 3 sakit gigi gimana? Kalau urgent banget ya terpaksa ya konsul ke dokter gigi, tapi belum tentu di lakukan tindakan, atau bila dilakukan tindakan, biasanya baru tindakan pertolongan pertama saja yang penting untuk meredakan rasa sakitnya terlebih dahulu. Kenapa? Karena ditakutkan bumil mengalami kontraksi, atau sesak ketika sedang dilakukan tindakan, mengingat posisi duduk di dental unit kurang nyaman ya Moms.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan satu langkah yang tepat terhadap ibu dan calon buah hati. Ayo Moms, jaga kesehatan gigi dan mulutmu!

Sekian sharing dari saya, mengenai cara menjaga kesehatan gigi yang aman saat Hamil. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi Moms semua..

Pregnancy Life

Coursera: Nutrisi dan Gaya Hidup dalam Kehamilan

Mau sharing-sharing ah… Kan ceritanya pas awal kehamilan kemaren sempet ikutan kelas di coursera bertemakan Nutrition and Lifestyle in Pregnancy.” dari Ludwig-Maximilians-Universität München (LMU) di link ini. Siapa tau bakal berguna buat yang lagi hamil, atau lagi merencanakan kehamilan ya.. Oh iya, kelas ini panjang banget, ada 4 Minggu, dan perminggu ada 3-7 materi. So, pastinya akan ku posting perbagian ya.

Disclaimer: Postingan ini hanya berisi over view dan introduction terhadap keseluruhan materi.

Tentang Kursus ini

Nutrisi dan Gaya Hidup dalam Kehamilan berisi tinjauan umum tentang temuan dan penelitian terbaru serta rekomendasi internasional tentang berbagai aspek terkait gizi dan kehamilan. Memastikan status gizi dan gaya hidup sehat sebelum dan selama kehamilan adalah salah satu cara terbaik untuk membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat dari calon anak yang belum lahir. Bagaimana diet sehat dan gaya hidup ideal yang harus dicapai sebelum konsepsi serta memberikan rekomendasi untuk konseling pra-konsepsi.

Bagaimana rekomendasi nutrisi kehamilan yang sehat untuk memastikan ibu dan janin optimal serta fokus pada komplikasi kehamilan terkait nutrisi yang paling umum; seperti obesitas dan diabetes gestasional.

Peserta akan memiliki kesempatan untuk menyelami dunia mutakhir dari penelitian epigenetik dan metabolomik dan menghargai peran besar yang dimiliki dari efek pemrograman ini dalam kesehatan jangka panjang dan penyakit yang dihasilkan.

Selain itu juga menawarkan contoh dalam kehidupan nyata, situasi sehari-hari dan pertanyaan-pertanyaan dari wanita hamil untuk membantu para profesional kesehatan dalam konseling berbasis gizi dari para wanita hamil dan keluarga mereka.

Pengantar

Penelitian dalam beberapa dekade terakhir telah memberikan banyak bukti yang menunjukkan bahwa nutrisi selama kehamilan, bersama dengan nutrisi pra-kehamilan serta nutrisi anak usia dini, memiliki efek pemrograman yang sangat kuat pada riwayat kesehatan selanjutnya.

Nutrisi pada kehamilan mempengaruhi tidak hanya pertumbuhan anak, tetapi juga pertumbuhan otak dan perkembangan otak, bersamaan dengan fungsi kognitif jangka panjang, perilaku dan prestasi pendidikan, fungsi kekebalan tubuh, dengan risiko alergi dan penyakit autoimun, kesehatan tulang, dan banyak lagi.

Yang menarik adalah implikasi yang sangat kuat dari nutrisi awal kehamilan terhadap risiko penyakit di kemudian hari, seperti obesitas dan penyakit yang menyertainya seperti diabetes, risiko penyakit kardiovaskular, serangan jantung dan stroke.

Dalam konteks ini, Proyek Penelitian Nutrisi Dini, yang dikoordinasikan oleh LMU Munich dan rumah sakit anak-anak Dr. von Hauner di Munich bertujuan untuk memperkuat basis bukti ilmiah untuk efek nutrisi awal dan pilihan gaya hidup pada kesehatan jangka panjang, kesejahteraan dan resiko penyakit. Selain itu juga bertujuan aplikasi hasil penelitian dan implementasi praktis pengetahuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang-orang di seluruh dunia.

Kursus ini membahas nutrisi dan gaya hidup dalam kehamilan, dan dampaknya pada kesehatan di kemudian hari. Memberikan informasi untuk para profesional kesehatan, dan untuk peserta pelatihan, tentang nutrisi dan gaya hidup dalam kehamilan. Ini memungkinkan Anda memberikan nasihat kepada wanita hamil, wanita yang ingin hamil, dan keluarga mereka. Kursus ini didasarkan pada temuan penelitian ilmiah terbaru, serta rekomendasi internasional saat ini.

Kursus ini dibagi menjadi empat unit. Di unit pertama, kita akan mengeksplorasi periode prakonsepsi. Unit dua melihat perubahan kebutuhan gizi ibu dan anak yang belum lahir pada kehamilan normal, dan juga membahas kondisi khusus di mana kebutuhan gizi dapat berubah, seperti obesitas dan diabetes gestasional. Unit tiga mengamati temuan-temuan yang menarik dan mutakhir dari penelitian metabolomik dan epigenetik, yang berkaitan dengan nutrisi dan pemrograman perkembangan kesehatan. Dan akhirnya, di unit empat, kita akan mencoba menerjemahkan pengetahuan ilmiah ini ke dalam praktik.

Udah paham lah ya kira-kira seperti apa isi kursus Nutrisi dan Gaya Hidup dalam Kehamilan di situs Coursera ini? Kalau tertarik, yuk ikutin postingan-postingan saya selanjutnya yang terkait dengan topik ini ya.